Kamis, 08 September 2011

Cara Merawat Kuku Kaki


Cara Merawat Kuku Kaki. Tak hanya rambut saja yang menjadi pesona bagi wanita. Kuku dan jemari tangan atau kaki juga bisa menjadi daya tarik. Apalagi jika kuku dan jemari tersebut didukung dengan perawatan yang khusus seperti manicure ataupadicure. Alhasil, siapapun yang melihatnya bisa terpesona dengan kelembutan dan keindahannya.


Kendati kuku dan jemari merupakan bagian pesona setiap wanita, ternyata masih banyak sajawanita yang menyepelekan kebersihan daerah ini. Bukan karena alasan susah atau faktor kesibukan dalam perawatannya, tapi lebih kepada nilai uang yang harus dikeluarkan demi untuk memperoleh rahasia keindahan di balik kuku dan jemari tangan atau kaki ini.

Bagi yang ingin mendapatkan kuku dan jemari yang indah, tak perlu harus repot-repot ke salon, karena di rumah, perawatan kuku ini juga bisa dilakukan. Demikian yang dikatakan Erlina Rusilawati, trainer Rumah Perawatan Aura.

“Kuku membutuhkan perawatan secara rutin dan tekun. Setidaknya, kuku dirawat sedikitnya dua hingga tiga minggu sekali. Pedicure atau manicure sendiri di rumah juga ampuh dilakukan untuk menghasilkan kuku yang rapi dan cantik,” kata wanita yang akrab disapa Lina ini.

Lina memaparkan, adapun langkah-langkah yang harus dilakukan adalah pertama, dengan terlebih dahulu membentuk kuku menggunakan kikir kuku. Caranya, hadapkan kikir kuku pada posisi melintang dan kemudian kikir kuku sampai menjadi bentuk yang diinginkan.

“Ingat, untuk menjaga kekuatan kuku, usahakan jangan memendekkan sisi kuku,” ujarnya.

Kemudian, lanjutnya, rendam kuku ke dalam tempat yang telah terisi dengan air hangat bercampur sabun. Untuk membersihkan kuku kaki, sebaiknya gunakan foot file yang berguna untuk mengamplas bagian kaki yang kasar seperti tumit. Setelah itu, gosok bagian kasar tersebut  secara perlahan-lahan.

“Jika air telah terasa dingin, angkat kuku tangan atau kaki dari dalam air dan keringkan dengan handuk,” sebutnya.

Kemudian setelah kering, kata Lina, bubuhkan lotion khusus untuk melembutkan bagian kutikula pada kuku. Hal ini penting dilakukan karena kutikula terkadang membuat kuku kehilangan keindahan dan kebersihannya.

“Doronglah kutikula ke arah tumbuhnya kuku dengan menggunakan stik khusus untuk kutikula. Bisa juga mentrim kutikula tersebut dengan menggunakan gunting kuku yang ujungnya melengkung. Setelah bersih, bersihkan sisa-sisa lotion khsusus tadi dengan menggunakan handuk kering, ” anjurnya.

Langkah terakhir dan paling penting untuk dilakukan adalah pemijatan. Pemijatan ini, ucap Lina, berfungsi untuk melenturkan otot-otot jemari tangan atau kaki yang telah dibersihkan tadi.

“Pemijatan sendiri, sebaiknya dilakukan dengan menggunakan cream atau body lotion, baru kemudian didiamkan selama lima menit.Setelah lima menit, kuku kaki yang cantik dan indah, kini bisa Anda miliki,” tandasnya. [sumber]

Baca Juga Artikel Yang Berkaitan :



0 komentar:

Posting Komentar

© Copyright 2011.Klinik Kesehatan | Info Kesehatan | Obat kesehatan | Tips Menjaga Kesehatan