Senin, 08 Agustus 2011

Manfaat Vitamin A untuk Kesehatan Mata


Selama ini orang banyak mengkonsumsi vitamin A seperti yang terkandung dalam buah apel dan wortel karena memang diyakini dengan sering mengkonsumsi vitamin A dapat membantu menjaga kesehatan mata



Secara umum, vitamin A memang membantu metabolisme sel yang terdapat pada lapisan paling luar retina, yang fungsinya untuk beradaptasi dengan cahaya terang dan gelap. Seseorang yang kekurangan vitamin A dapat terkena xeroftalmia dimana bola mata menjadi kering, kornea mengeras dan pembengkakan kelopak. Apabila tidak diobati, xeroftalmia dapat menyebabkan kebutaan permanen.

Fungsi lain vitamin A adalah mencegah pembentukan radikal bebas yang dapat merusak sel retina dan lensa. Ia juga bermanfaat sebagai pencegah katarak dan penyakit retina seperti degenerasi makula. Konsumsi vitamin A harus sesuai dengan dosis yang dianjurkan yaitu 7500 mcg per hari (sesuai tingkat kebutuhan dan usia). 

Sebaliknya kelebihan vitamin A dapat menyebabkan keracunanan, baik itu terjadi pada satu kali pemberian (keracunan akut) ataupun dalam jangka waktu lama (keracunan kronis). Gejala awal dari keracunan kronis adalah: rambut yang jarang dan kasar, kerontokan pada sebagian bulu mata, bibir pecah-pecah, kulit kering dan kasar, sakit kepala hebat, nyeri sendi terutama pada anak-anak. [optikmelawai]

Mulai dari sekarang konsumsilah vitamin A agar mata anda tetap sehat. semoga artikel yang berjudul Manfaat Vitamin A untuk Kesehatan Mata ini dapat memberikan informasi yang anda butuhkan.

Baca Juga Artikel Yang Berkaitan :



0 komentar:

Posting Komentar

© Copyright 2011.Klinik Kesehatan | Info Kesehatan | Obat kesehatan | Tips Menjaga Kesehatan